tugas softskill 4 (proses keputusan pembelian oleh konsumen)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perusahaan yang
menghasilkan barang dan jasa perlu menjaga kepuasan pelanggan untuk
memaksimalkan laba dan menjaga keberlangsungan perusahaannya. Hal ini juga
untuk memberikan kepuasan konsumen dalam produk yang dipasarkan. Persaingan
dalam dunia usaha khususnya di bidang industri makanan semakin ketat, sehingga
menuntut berbagai macam usaha untuk lebih kreatif dan inovasif agar dapat
bertahan di persaingan.
Terlebih lagi
di dalam globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, perusahaan
dituntut untuk bersaing secara cermat dan tanggap dalam melihat peluang,
acaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik itu perusahaan dalam posisi
pemimpin pasar, maupun pengikutnya, maka dari itu persiapan dari segala jenis
bentuk, terutama dalam segi teknis kualitas produk, harus diperhatikan dengan
seksama. Sehingga persaingan yang semakin ketat tersebut, setiap usaha perlu
meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan
perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing
untuk dapat menarik minat konsumen. menarik
konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan
memberikan diskon, door prize atau kegiatan promo lainnya.
Menarik
konsumen untuk melalukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan
senyuman dan keramahan yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko,
karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian untuk
dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan, maka perlu memberikan
kepuasan kepada konsumen.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang
diatas, dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan keputusan
pembelian?
2. Apa yang saja factor yang
mempengaruhi keputusan pembelian?
3. Dimana konsumen cenderung membeli?
C. Pembatasan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini penulis kemukakan pembatasan
masalahnya. Adapun masalah yang dibahas dalam makalah ini akan menjawab sesuai
perumusan masalah.
Hal-hal yang dibahas
antara lain Apa yang
dimaksud dengan keputusan pembelian, Apa yang saja factor yang mempengaruhi
keputusan pembelian, dan dimana konsumen cenderung membeli.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Keputusan Pembelian
Merupakan sebuah tindakan yang
dilakukan konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap produsen pasti
menjalankan berbagai strategi agar konsumen memutuskan untuk membeli produknya.
Menurut Kotler (2002), keputusan pembelian adalah tindakan
dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Dari berbagai
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau
jasa, biasanya konsumen selalu mempertimbangkan kualitas, harga dan produk yang
sudah dikenal oleh masyarakat Sebelum konsumen memutuskan untuk membeli,
biasanya konsumen melalui beberapa tahap terlebih dahulu yaitu, (1) pengenalan
masalah, (2) pencarian informasi. (3) evaluasi alternatif, (4) keputusan
membeli atau tidak, (5) perilaku pasca pembelian. Pengertian lain
tentang Keputusan
pembelian menurut Schiffman dan Kanuk (2000: 437) adalah “the selection of
an option from two or alternative choice”. Dapat diartikan, keputusan
pembelian adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari
beberapa alternatif pilihan yang ada.
Berdasarkan definisi
diatas disimpulkan bahwa keputusan
pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian
sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembelian konsumen
merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternative penyelesaian
masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan
evaluasi pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil
selanjutnya.
B. 10 Faktor Yang MempengaruhiPembelian
1. Kualitas Produk
56% konsumen mengambil keputusan
membeli dengan mempertimbangkan kualitas produk. Semakin maksimal kualitas
produk sesuai harga dan keterangan yang diberikan membuat konsumen lebih
tertarik.
2. Pengiriman Gratis
Pelayanan pengiriman gratis yang
diberikan produsen meraih 49% minat konsumen. Karena konsumen tidak perlu lagi
membayar atau menjemput produk yang dibeli karena sudah disediakan jasa antar
gratis.
3. Mudah Pengembalian
Pada saat kendala terjadi
diantaranya keterlambatan pengiriman, kesalahan pengiriman produk, hingga
kerusakan produk. Perusahaan menyediakan waktu untuk pengembalian produk tanpa
dipersulit sesuai ketentuan yang telah ada. Maka konsumen lebih nyaman dan
tidak hawatir untuk proses pengirimannya. Ini adalah kemudahaan yang diterima
konsumen sebanyak 33% dari perusahaan.
4. Komentar Pelanggan
Dengan keadaan teknologi yang
semakin canggih membuat suatu berita atau informasi begitu mudah sampai kepada
halayak ramai. Sehingga berbagai komentar yang dimiliki konsumen setelah
mengkonsumsi produk tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Seperti dalam
lingkungan keluarga hingga kekerabat, dan terus berkembang. Dan berbagai
komentar mencapai angka 30% pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan membeli.
5. Kemudahan Pencarian Informasi Produk
Produk yang dipasarkan dengan jenis
yang sama sangatlah banyak, dengan kemudahan pencarian informasi produk maka
perusahaan akan memenangkan persaingan dimana perusahaan dapat menjelaskan
keunggulan produk untuk meraup banyak order dari konsumen. Kemudahan ini mampu
mempengaruhi keputusan pembelian sebanyak 26%.
6. Kemudahan Petunjuk
Dengan kemudahan petunjuk dalam
berbagai macam aspek sepeti informasi produk, harga, spesifikasi produk,
tempat, cara pemesanan dan bayar, dll. Mempengaruhi 26% tingkat keputusan
pembelian. Sehingga perusahaan harus ekstra update untuk selalu mempermudah
petunjuk bagi konsumen agar tidak mempersulit transaksi pembelian.
7. Kemudahan Memperoleh Produk
Komitmen sebuah perusahaan untuk selalu mengembangkan system
produksi hingga dalam proses produksinya berjalan dengan lancar. Dimana bahan
baku maupun perlengkapan pembantu untuk proses produksi selalu tersedia dan
mencukupi. Sehingga produk jadi tidak mengalami kekurangan persediaan pada
pasar, dan mampu melayani seluruh permintaan pasar. Kemudahan memperoleh produk
mempengaruhi 24% keputusan pembelian.
8. Banyak Pilihan
Diketahui
perusahaan yang secara konsisten melakukan inovasi-inovasi pada produk maupun
sistem akan lebih lama bertahan dalam persaingan pasar. Dimana kebutuhan
semakin berubah dimasa yang akan datang. Dengan banyaknya pilihan produk untuk
membantu kebutuhan konsumen, mempengaruhi 24% pengambilan keputusan membeli.
9. Berbagai Ukuran
Ukuran/komposisi
setiap produk mempengaruhi pengambilan keputusan 12%. Karena banyaknya kebutuhan konsumen yang berbeda-beda
sangat berpengaruh kepada komposisi setiap pembelian. Apabila ukuran produk
berfariasi, maka konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan dan tidak harus
dipaksakan membeli dengan ukuran yang melebihi kebutuhan.
10. ProdukTerbaru
Sehatnya
perkembangan suatu perusahaan dapat dilihat seberapa besar kontribusinya dalam
mencapai kepuasan pelanggan pada setiap pembuatan produk baru. Produk yang
sesuai dengan permintaan, pasar sangat cepat merespon pergerakan suatu
perekonomian. Tetapi produk baru yang belum ada permintaan dan berfungsi
memudahkan seseorang diera kemajuan teknologi saat ini juga sangat cepat
dikenal pasar. Seperti kondisi terdahulu, untuk berkomunikasi jarak jauh surat
dijadikan alat perantaranya. Tetapi dengan kemajuan teknologi diciptakanlah
handphone untuk mempermudah berkomunikasi hingga mencari informasi. Kemudahan
yang diberikan menarik minat pasar yang sangat besar. Sehingga produk terbaru
yang selalu dibuat untuk memudahkan setiap aktifitas konsumen,
menarik minat beli sebanyak 10%.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
keseluruhan pembahasan pada makalah ini dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian adalah
tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Oleh
karena itu, pengambilan keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses
pemilihan salah satu dari beberapa alternative penyelesaian masalah dengan
tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan
dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.
B. Saran
Selain 10
faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan, menarik konsumen untuk
melalukan pembelian juga dapat di lakukan dengan cara memberikan senyuman dan
keramahan yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko. Karena
konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian untuk dapat
menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan, maka perlu memberikan kepuasan kepada
konsumen.
Komentar
Posting Komentar