tugas Softskill Bahasa Inggris Bisnis 2 : Lirik Lagu dan Maknanya

"The Spirit Carries On"

Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?
What lies beyond
And what lay before?
Is anything certain in life?

They say "Life is too short"
"The here and the now"
And "You're only given one shot"
But could there be more
Have I lived before
Or could this be all that we've got?

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on

I used to be frightened of dying
I used to think death was the end
But that was before
I'm not scared anymore
I know that my soul will transcend

I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on

"Move on, be brave
Don't weep at my grave
Because I'm no longer here
But please never let
Your memories of me disappear"

Safe in the light that surrounds me
Free of the fear and the pain
My questioning mind
Has help me to find
The meaning in my life again
Victoria's real
I finally feel
At peace with the girl in my dreams
And now that I'm here
It's perfectly clear
I found out what all of this means

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on

Makna Lirik Lagu

The spirit carries on
Jika dirunut dari alur liriknya, mungkin akan cukup kesulitan untuk memaknai secara keseluruhan. Jadi mari kita pahami arti dan makna lagu ini sesuai dengan apa yang kita bisa tangkap. Pada awal lirik lagu ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat kita ngeh mengenai jati diri kita sebagai manusia.
          – Dari mana kita berasal?
          – Mengapa kita diciptakan?
          – Kemana kita akan pergi setelahnya?
   Saat kita mau merenungkan betul apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka seharusnya kita akan semakin menyadari bahwa kita adalah hamba Tuhan. Dari mana kita berasal? Kita berasal dari Tuhan yang menciptakan kita. Mengapa kita diciptakan? Untuk beribadah kepada Tuhan. Ke mana kita akan pergi setelahnya? Kita akan pergi kembali menghadap Tuhan. Semua jawabannya, ujung-ujungnya kembali kepada Dia (Tuhan), Dzat yang telah menciptakan kita.
    Lirik selanjutnya dari lagu The Spirit Carries On ini masih melanjutkan dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Menceritakan tentang kegelisahan seseorang (Nicholas) mengenai hidup yang sedang dijalani saat ini.
Apakah semua dalam hidup itu memang sudah ditentukan? Apakah kita pernah hidup di masa lalu, sebelum kita dihidupkan lagi di masa sekarang? Apakah hanya sekali saja kita diberikan kesempatan hidup?
mungkin bagi beberapa orang ini pertanyaan yang tidak penting. Tapi bisa jadi berbeda bagi orang yang lainnya. Seandainya rasa penasaran ini bisa ter-manage dengan baik, bisa jadi justru membawa penanya ke arah pencerahan seperti yang diharapkan.
    Pada lirik selanjutnya (reff dan seterusnya), menceritakan bahwa akhirnya dia (Nicholas) menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Bahwa hidup hanyalah persinggahan sementara di dunia ini. Menyadari bahwa yang mati adalah raganya, bukan jiwanya. Karena jiwanya akan tetap hidup. Artinya kematian bahkan bukanlah akhir dari kehidupan sebenarnya. Takut menghadapi kematian itu adalah hal yang wajar. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita mempersiapkan kematian kita, agar kenangan kebaikan tentang diri kita atau apa yang telah kita perbuat bisa terus ada walaupun secara fisik kita sudah tidak ada di dunia ini.
    Lirik lagu The Spirit Carries On ini memang cukup unik. Saking dalamnya maknanya atau  bisa jadi saking ruwetnya alur yang dimunculkan. Kalau kita lihat lagi di lirik-lirik selanjutnya, mungkin kita bisa menerka bahwa pencerahan yang didapatkan salah satunya melalui mimpi yang dirasakan. Mengenai kebebasan dari rasa sakit dan ketakutan. Mengenai ketenangan karena dikelilingi oleh cahaya. Karena dia (Nicholas) telah kembali ke Sang Maha Cahaya. Kembali ke asal-muasal dia diciptakan, yaitu kembali kepada Tuhan.
   Hal yang dapat saya ambil dari makna2 di atas adalah kita harus selalu semangat dalam menjalani hidup. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berbuat kebaikan sebelum masa kita habis hidup di dunia. Dengan begitu, kita tidak akan takut lagi apabila ajal telah datang untuk menjemput kita pada waktunya nanti…

https://penkcreatednow.wordpress.com/2013/10/06/makna-kehidupan-dari-lagu-the-spirit-carries-on-dream-theater/


Komentar

Postingan Populer