tugas softskill 4 (proses keputusan pembelian oleh konsumen)



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa perlu menjaga kepuasan pelanggan untuk memaksimalkan laba dan menjaga keberlangsungan perusahaannya. Hal ini juga untuk memberikan kepuasan konsumen dalam produk yang dipasarkan. Persaingan dalam dunia usaha khususnya di bidang industri makanan semakin ketat, sehingga menuntut berbagai macam usaha untuk lebih kreatif dan inovasif agar dapat bertahan di persaingan.
Terlebih lagi di dalam globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, perusahaan dituntut untuk bersaing secara cermat dan tanggap dalam melihat peluang, acaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik itu perusahaan dalam posisi pemimpin pasar, maupun pengikutnya, maka dari itu persiapan dari segala jenis bentuk, terutama dalam segi teknis kualitas produk, harus diperhatikan dengan seksama. Sehingga persaingan yang semakin ketat tersebut, setiap usaha perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat konsumen. menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, door prize atau kegiatan promo lainnya.
Menarik konsumen untuk melalukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan senyuman dan keramahan yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko, karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian untuk dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan, maka perlu memberikan kepuasan kepada konsumen.

B.   Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas,  dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1.       Apa yang dimaksud dengan keputusan pembelian?
2.       Apa yang saja factor yang mempengaruhi keputusan pembelian?
3.       Dimana konsumen cenderung membeli?

C.   Pembatasan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini penulis kemukakan pembatasan masalahnya. Adapun masalah yang dibahas dalam makalah ini akan menjawab sesuai perumusan masalah. Hal-hal yang dibahas antara lain Apa yang dimaksud dengan keputusan pembelian, Apa yang saja factor yang mempengaruhi keputusan pembelian, dan dimana konsumen cenderung membeli.

BAB II
 PEMBAHASAN
A.   Keputusan Pembelian
Merupakan sebuah tindakan yang dilakukan konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap produsen pasti menjalankan berbagai strategi agar konsumen memutuskan untuk membeli produknya.
Menurut Kotler (2002), keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Dari berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, biasanya konsumen selalu mempertimbangkan kualitas, harga dan produk yang sudah dikenal oleh masyarakat Sebelum konsumen memutuskan untuk membeli, biasanya konsumen melalui beberapa tahap terlebih dahulu yaitu, (1) pengenalan masalah, (2) pencarian informasi. (3) evaluasi alternatif, (4) keputusan membeli atau tidak, (5) perilaku pasca pembelian. Pengertian lain tentang Keputusan pembelian menurut Schiffman dan Kanuk (2000: 437) adalah “the selection of an option from two or alternative choice”. Dapat diartikan, keputusan pembelian adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada.
Berdasarkan definisi diatas disimpulkan bahwa keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternative penyelesaian masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.

B.    10 Faktor Yang MempengaruhiPembelian
1.      Kualitas Produk
56% konsumen mengambil keputusan membeli dengan mempertimbangkan kualitas produk. Semakin maksimal kualitas produk sesuai harga dan keterangan yang diberikan membuat konsumen lebih tertarik.
2.      Pengiriman Gratis
Pelayanan pengiriman gratis yang diberikan produsen meraih 49% minat konsumen. Karena konsumen tidak perlu lagi membayar atau menjemput produk yang dibeli karena sudah disediakan jasa antar gratis.
3.      Mudah Pengembalian
Pada saat kendala terjadi diantaranya keterlambatan pengiriman, kesalahan pengiriman produk, hingga kerusakan produk. Perusahaan menyediakan waktu untuk pengembalian produk tanpa dipersulit sesuai ketentuan yang telah ada. Maka konsumen lebih nyaman dan tidak hawatir untuk proses pengirimannya. Ini adalah kemudahaan yang diterima konsumen sebanyak 33% dari perusahaan.
4.      Komentar Pelanggan
Dengan keadaan teknologi yang semakin canggih membuat suatu berita atau informasi begitu mudah sampai kepada halayak ramai. Sehingga berbagai komentar yang dimiliki konsumen setelah mengkonsumsi produk tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Seperti dalam lingkungan keluarga hingga kekerabat, dan terus berkembang. Dan berbagai komentar mencapai angka 30% pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan membeli.
5.      Kemudahan Pencarian Informasi Produk
Produk yang dipasarkan dengan jenis yang sama sangatlah banyak, dengan kemudahan pencarian informasi produk maka perusahaan akan memenangkan persaingan dimana perusahaan dapat menjelaskan keunggulan produk untuk meraup banyak order dari konsumen. Kemudahan ini mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebanyak 26%.
6.      Kemudahan Petunjuk
Dengan kemudahan petunjuk dalam berbagai macam aspek sepeti informasi produk, harga, spesifikasi produk, tempat, cara pemesanan dan bayar, dll. Mempengaruhi 26% tingkat keputusan pembelian. Sehingga perusahaan harus ekstra update untuk selalu mempermudah petunjuk bagi konsumen agar tidak mempersulit transaksi pembelian.
7.      Kemudahan Memperoleh Produk
Komitmen sebuah perusahaan untuk selalu mengembangkan system produksi hingga dalam proses produksinya berjalan dengan lancar. Dimana bahan baku maupun perlengkapan pembantu untuk proses produksi selalu tersedia dan mencukupi. Sehingga produk jadi tidak mengalami kekurangan persediaan pada pasar, dan mampu melayani seluruh permintaan pasar. Kemudahan memperoleh produk mempengaruhi 24% keputusan pembelian.
8.      Banyak Pilihan
Diketahui perusahaan yang secara konsisten melakukan inovasi-inovasi pada produk maupun sistem akan lebih lama bertahan dalam persaingan pasar. Dimana kebutuhan semakin berubah dimasa yang akan datang. Dengan banyaknya pilihan produk untuk membantu kebutuhan konsumen, mempengaruhi 24% pengambilan keputusan membeli.
9.      Berbagai Ukuran
Ukuran/komposisi setiap produk mempengaruhi pengambilan keputusan 12%. Karena banyaknya kebutuhan konsumen yang berbeda-beda sangat berpengaruh kepada komposisi setiap pembelian. Apabila ukuran produk berfariasi, maka konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan dan tidak harus dipaksakan membeli dengan ukuran yang melebihi kebutuhan.
10.  ProdukTerbaru
Sehatnya perkembangan suatu perusahaan dapat dilihat seberapa besar kontribusinya dalam mencapai kepuasan pelanggan pada setiap pembuatan produk baru. Produk yang sesuai dengan permintaan, pasar sangat cepat merespon pergerakan suatu perekonomian. Tetapi produk baru yang belum ada permintaan dan berfungsi memudahkan seseorang diera kemajuan teknologi saat ini juga sangat cepat dikenal pasar. Seperti kondisi terdahulu, untuk berkomunikasi jarak jauh surat dijadikan alat perantaranya. Tetapi dengan kemajuan teknologi diciptakanlah handphone untuk mempermudah berkomunikasi hingga mencari informasi. Kemudahan yang diberikan menarik minat pasar yang sangat besar. Sehingga produk terbaru yang selalu dibuat untuk memudahkan setiap aktifitas konsumen, menarik minat beli sebanyak 10%.

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Dari keseluruhan pembahasan pada makalah ini dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternative penyelesaian masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.

B.     Saran
Selain 10 faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan, menarik konsumen untuk melalukan pembelian juga dapat di lakukan dengan cara memberikan senyuman dan keramahan yang menyenangkan bagi konsumen pada saat di dalam toko. Karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian untuk dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan, maka perlu memberikan kepuasan kepada konsumen.


Komentar

Postingan Populer