TUGAS ILMU BUDAYA DASAR


ILMU BUDAYA DASAR

Pengertian ilmu budaya dasar


           Ilmu adalah suatu penyelidikan, penemuan, pengungkapan dan  untuk meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai kenyataan yang ada di dalam alam manusia. Sedangkan budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.


Ilmu budaya dasar adalah ilmu dasar tentang konsep-konsep untuk mengembangkan suatu  masalah tentang budaya dan manusia, ilmu  budaya dasar juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar dari kebudayaan manusia. Dasar-dasar yang mencangkup semua ruang lingkup kebudayaan manuisa.

 Ilmu budaya dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Bahasa tersebut berasal dari bahasa latin humnus yang artinya “manusiawi/lebih berbudaya dan lebih halus”. Dan dengan demikian dapat diartikan manusia memilik kebudayaan atau manusia adalah makhluk yang berbudaya. Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian ini pun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan .
     

http://vaniaibd.blogspot.com/2012/10/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html





MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Hubungan manusia dengan budaya sangatlah erat. Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan sebagai makhkluk yang memiliki akal dan pikiran. Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai khafilah dibumi ini. Manusia secara biologis dibedakan secara  fisik sedangkan secara rohani dibedakan dengan agama/kepercayaan. Kebudayaan dalam manusia tidak terlahir/ timbul begitu saja, kebudayaan timbul dari interaksi sesama manusia yang merupakan perwujudan dari karya manusia. Kebudayaan manusia tidak luput dari keberadaan manusia sebelum manusia yang baru terlahir, yaitu nenek moyang manusia. Kebudayaan adalah hasil ciptaan manusia yang terdiri didalamnya terdapat unsur-unsur dan mengalami perubahan dan perkembangan dalam tempatnya masing-masing. Manusia dan kebudayaan sudah melekat dan tidak dapat dipisahkan lagi.

Budaya memang pada dasarnya adalah sebuah satu kesatuan tingkah laku, perbuatan dan kegiatan yang dilakuakn seiring dengan proses dan tahapan belajar dan disertakan dengan adat dan kebiasaan yang membaur dengan masyarakat kelak akan menjadi sebuah budaya yang indah, ambil contoh saja saat hendak mekan ini adalah naluri manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya namun karena dipengaruhi oleh adat dan kebiasaan masyarakat sekitar sehingga menampilkan sebuah budaya atau cara mekan yang baik, sopan pebuh tatakramah dan sebagainya itu akan menajdi budaya dengan seiringnya waktu oleh karena itu budaya dan masyarakat saling memiliki keterkaitan yang jelas

Keberadaan kultur minoritas tidak bisa dicap sebagai suatu bahaya ataupun ancaman tertentu. Hal ini berangkat dari suatu fakta sederhana, bahwa tidak ada satupun kultur di muka bumi ini yang sepenuhnya homogeny Kultur, selalu bisa ditafsirkan sebagai suatu bentuk perjuangan kelas. Kelas pekerja telah membentuk semacam organisasi bersama yang berbasiskan pada solidaritas sosial untuk kemudian menantang tatanan sosial yang sudah mapan, sekaligus mempertanyakan otoritas kultur dominan yang sudah lama memerintah sebelumnya. Tentu saja, konflik tidak terelakkan. Akan tetapi, konflik disini adalah suatu proses yang harus ditempuh untuk merumuskan suatu bentuk identitas kultural yang baru Semua bentuk kultur bisa hidup bersama di dalam masyarakat multikultur. Hanya kultur yang menolak kesetaraan kesempatan dari individu ataupun kelompoklah yang tidak bisa menjadi bagian dari masyarakat multikultur. Selanjutnya, mempunyai tujuan bersama sangat mempengaruhi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat antara kelompok minoritas dan dominan.
sumber: 
 http://luckyandriawan.wordpress.com/2013/03/08/ilmu-budaya-dasar/


Komentar

Postingan Populer